-Just 3-

tempat saling berbagi

LightBlog
Responsive Ads Here

Entri yang Diunggulkan

Tahapan Pembuatan Video (video blog/vlog, video youtube)

Untuk membuat video yang bagus, enak dilihat bahkan terlihat sempurna kamu harus melalui tiga tahapan pembuatan video. Tahapan pembuata...

Sabtu, 30 Maret 2013

Tugas Pengantar Teknologi Informasi


JENIS - JENIS KOMPUER
DARI GENERASI PERTAMA HINGGA GENERASI KE LIMA

  1. Komputer Generasi Pertama (tahun 1944 - tahun 1959)
 Komputer generasi pertama adalah komputer yang menggunakan vacum tube. Bahan baku vacum tube adalah kaca sehingga memiliki banyak kelemahan seperti mudah pecah dan mudah menghantarkan panas.



Berikut ini adalah gambar komputer pertama pada tahun 1946 yang harganya sangat mahal. Komputer ini memiliki bobot 30 ton, panjang 30 meter, dan tinggi 2,4 meter dan pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan komputer ini biasa di sebut ENIAC. Komputer ini menggunakan bahasa mesin.

   2.  Komputer Generasi Kedua (tahun 1960 - tahun 1964)

Komputer generasi kedua adalah komputer yang menggunakan transitor. Transitor yaitu dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan. Bahan - bahan transitor yaitu basic, collector, emmiter. Keunggulan dari bahan ini sebagai penguat sinyal, bahan tidak mudah pecah, dan tidak menyalurkan panas.



Berikut ini adalah gambar komputer generasi kedua yang memiliki ukuran yang lebih kecil dan memiliki harga yang lebih murah. Komputer generasi kedua ini menggunakan memori inti-magnetik sehingga menjadi lebih cepat dan menjadi lebih hemat energi. Bahasa yang digunakan pada komputer ini adalah bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan - singkatan untuk mengggantikan kode biner.

3. Komputer Generasi Ketiga (tahun 1964 - tahun 1975)

Komputer generasi ketiga memiliki ciri khas tersendiri yaitu komputer ini menggunakan Integrated Circuit atau IC-Chip. Yang terdiri dari ribuan transitor yang digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Dalam komputer generasi ketiga ini terdapat cincin magnetik yang berfungsi untuk mensinyalkan kondisi "ON" dan ""OFF" yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam sistem bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer.

Berikut adalah contoh gambar komputer generasi ketiga  :

 

Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.
Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.


4. Komputer Generasi Keempat (tahun 1975 - Sekarang

 Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. 

Berikut merupakan gambar komputer generasi keempat  :



Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

5. Komputer Generasi Kelima (Sekarang - Masa Depan)

Komputer generasi kelima merupakan komputer impian masa depan, komputer ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia.




Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.






Tri Wibowo
41812120168









Tidak ada komentar:

Posting Komentar